Wisata Air Terjun Carat

Desa Tamblang 07 Juni 2018 09:14:44 WITA

Ketika berwisata ke Bali, sempatkan pula untuk mengunjungi Air Terjun Carat Buleleng. Air terjun yang berada di kawasan Buleleng ini memiliki kecantikan yang tak kalah dengan Air Terjun Git Git. Meskipun namanya belum terlalu terdengar, namun Air Terjun Carat memiliki keelokan yang juga mempesona.

Air terjun diberi nama “Carat” karena aliran airnya seperti berasal dari caratan atau kendi tempat air minum pada jaman dahulu. Lokasi air terjun ini masih sangat disakralkan oleh masyarakat sekitar, sehingga pengunjung yang datang harus tetap menjaga etika dalam berbicara maupun bersikap, juga tidak diperbolehkan merusak apapun yang berada di sekitarnya.

 

Obyek wisata Air Terjun Carat ini masih sangat alami, dan belum tersentuh oleh sarana dan prasarana pariwisata. Sehingga jangan heran jika tidak ditemukan satu bangunan fasilitas apapun di sini. Namun karena kealamiannya inilah sehingga Air Terjun Carat senantiasa dikunjungi dan menjadi daya tarik utama.

Air Terjun Carat Besar dan Air Terjun Carat Kecil

Air Terjun Carat sebenarnya memiliki dua buah air terjun, yakni air terjun yang besar dan tinggi serta air terjun kecil. Akan tetapi pengunjung yang datang hanya bisa mencapai lokasi air terjun yang kecil. Air Terjun Carat kecil memiliki ketinggian sekitar 4 meter. Pengunjung yang datang dapat menikmati guyuran airnya, bahkan mandi dan berenang di kolam air di bawahnya.

 

Sedangkan Air Terjun Carat Besar memiliki ketinggian sekitar 100 meter, yang dikelilingi tebing-tebing tinggi dan terjal. Air Terjun Carat Besar diketahui sebagai air terjun tertinggi yang berada di Bali. Lokasinya sulit untuk diakses karena kondisi jalan yang terjal dan curam sehingga sangat membahayakan keselamatan wisatawan. Tak ayal, pengunjung hanya dapat menikmati keindahannya dari kejauhan.

Posisi Air Terjun Carat Besar berada di tebing yang sangat dalam dan terjal. Bila pengunjung ingin memotretnya, Anda dapat menuju ke sebuah lokasi yang memiliki tempat sesuai untuk memfoto dengan mengikuti arah pipa air.

 

Warga setempat berencana untuk menjadikan lokasi wisata Air Terjun Carat sebagai obyek wisata petualangan. Rencana kedepan akan dilengkapi sarana dan prasarana penunjang pariwisata, sehingga diharapkan dapat menambah pendapatan penduduk sekitar melalui kegiatan wisata alam.

Lokasi Air Terjun Carat Buleleng terletak di tepi jalan raya Kintamani-Singaraja lewat Kubutambahan. Ketika sampai di Desa Tamblang, terdapat papan penunjuk arah ke lokasi Air Terjun Carat. Dari lokasi parkir kendaraan, pengunjung masih harus berjalan sekitar 600 meter untuk sampai dengan lokasi dimana air terjun berada.

Jalan yang dilalui masih berupa jalan setapak, dengan pemandangan berupa hijaunya tanaman cengkeh dan kopi. Sebelum melewati jalan setapak, pengunjung harus melalui jembatan (titi) dari anyaman bambu yang berada di atas aliran sungai kecil.

Dokumen Lampiran : Air Terjun Carat


Komentar atas Wisata Air Terjun Carat

11 Juni 2019 08:43:34 WITA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Chat Via WhattsApp

Lokasi Tamblang

tampilkan dalam peta lebih besar