Pande Besi

Desa Tamblang 08 Februari 2018 14:11:37 WITA

Pande Besi Desa Tamblang

 

Pande Besi Desa Tamblang
Pande besi di desa Tamblang ada dua, satu di banjar dinas Kelampuak dan satunya lagi ada di banjar Kaja Kauh tepatnya di sekitar Pimpasan. Kami memilih pande besi yang di banjar Kaja Kauh karena tempatnya lebih dekat dengan pusat desa juga karena terkenal sampai ke desa-desa lain. Nama pande ini sesuai dengan nama juragannya yaitu pande Sarwa. Bapo De Sarwo bekerja dengan anak tertuanya. Tidak sembarang orang bisa menjadi pande kalo bukan dari kawitan Pande, kalau tidak benar mungkin leluhurnya orang-orang Pande pandai mengolah besi ya. Karena hal ini dipercaya dapat berpengaruh pada kualitas dari hasil pande dan kemajuan usaha pande tersebut.

Pande Besi Desa Tamblang
Disebut pande besi karena asal kata pande itu adalah pandai, jadi dapat diartikan bahwa pande besi itu adalah orang yang pandai mengolah besi. Dari besi bisa menjadi pisau, sabit, linggis, dan lain sebagainya. Lempengan besi misalnya dari pir sokbreker mobil atau besi-besi lainnya dipanaskan melalui bara api dari arang sampai berwarna kemerahan kemudian diketok sedemikian rupa hingga berbentuk pisau, sabit, dan lain sebagainya. Terkadang ketokan pande besi ini bisa menjadi irama musik lho. Setelah itu dilanjutkan dengan proses menggerinda (menghaluskan) serta membuat bagian yang tajam. Tahap terakhir adalah memasukkan hasil pande besi tersebut pada gagangnya.
Pande Besi Desa Tamblang
Pande ini tidak dipasangi papan nama (mungkin karena sudah ngetop ya). Kalau orang yang belum tahu bisa tanya sama orang di bengkel dan cuci kendaraan ”Sinar motor” yang letaknya di depan pande ini. Pande ini terletak di lantai II hehe..dibilang begitu karena tempatnya agak di atas seperti dataran tinggi. 

Dokumen Lampiran : Pande Besi Desa Tamblang


Komentar atas Pande Besi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Chat Via WhattsApp

Lokasi Tamblang

tampilkan dalam peta lebih besar